• Kamis, 20 Januari 2022

Ke Papua Barat Yuk! Ada Jembatan Kayu Sepanjang 3 Kilometer di Dalam Hutan

- Minggu, 21 November 2021 | 14:19 WIB
Masyarakat saat melewati Jembatan kayu sepanjang 3,225 meter yang dibangun di dalam hutan Klaso, kampung Malagufuk, Malaumkarta, kabupaten Sorong.  (Dokumen : Megawati)
Masyarakat saat melewati Jembatan kayu sepanjang 3,225 meter yang dibangun di dalam hutan Klaso, kampung Malagufuk, Malaumkarta, kabupaten Sorong. (Dokumen : Megawati)

PenaBicara.com – Kata Siapa bila berkunjung ke hutan itu berbahaya dan menakutkan? Ya, hutan memang identik dengan alam liar, terlebih jenis hutan itu adalah hutan rimba. Belum lagi banyak yang beranggapan bahwa hutan adalah tempat yang keramat atau sakral.

Jika demikian, di hutan Klaso, yang terletak di kampung Klagufuk, Malaumkarta raya, distrik makbon, kabupaten Sorong ini tidak seseram yang dibayangkan. Uniknya, jika biasanya hutan hanya memiliki setapak jalan yang lembab agar bisa dilewati, di hutan Klasoo bisa dilewati dengan jembatan kayu sepanjang 3,225 meter, agar mempermudah akses wisatawan menikmati keindahan alam.

Ketika pertama kali memasuki hutan Klaso, pengunjung pertama kali akan disuguhkan pemandangan hutan yang masih asri dan sejuk, dan dihiasi kicauan burung atau satwa endemik yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Kebudayaan Adalah Pembangunan Masa Depan Indonesia

Posisi jembatan yang ada ditengah hutan ini memberikan rasa nyaman bagi pengunjung, dan sangat cocok bagi mereka yang ingin berswa foto. Untuk keamanan, hutan tersebut dijaga oleh masyarakat setempat.

Jembatan itu juga menghubungkan desa di dalamnya, jadi tidak heran ada masyarakat yang melewati jembatan itu dengan membawa hasil kebun ataupun sekedar ingin mengakses kampung sebelah.

Dijadikannya hutan Klaso sebagai kawasan konservasi tidak terlepas dari dukungan pemerintah kabupaten Sorong, BBKSDA Papua Barat, yayasan Econusa dan Generasi Pemuda Malaumkarta (GPM). 

Baca Juga: Suara Mirip Nike Ardila, Ternyata Reza Jeneponto Pernah Ikut Audisi Liga Dangdut

Ketua perkumpulan Generasi Pemuda Malaumkarta, Torianus Kalami menyebutkan, Kawasan tersebut telah melewati proses yang cukup panjang, mulai dari melakukan pemetaan tanah adat dan pemetaan potensi-potensi wisata lainnya.

Halaman:

Editor: Megawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Leker Tebal Ini Hanya Butuh 4 Bahan, Anti Gagal!

Selasa, 18 Januari 2022 | 13:38 WIB

Resep Cimol Kentang Hitz, Dijamin Krenyes!

Senin, 17 Januari 2022 | 20:05 WIB

Resep Cireng Koin dari Nasi, Bisa Kamu Coba di Rumah

Minggu, 16 Januari 2022 | 16:49 WIB

4 Wisata yang Harus Kamu Datangi di Kepulauan Riau

Rabu, 12 Januari 2022 | 16:19 WIB
X