• Kamis, 20 Januari 2022

Dikenal Indah, Pariwisata di Papua Barat Masih Terkendala Akses Transportasi

- Sabtu, 20 November 2021 | 20:52 WIB
Salah satu spot destinasi wisata Raja Ampat (Hilda Arief)
Salah satu spot destinasi wisata Raja Ampat (Hilda Arief)

PenaBicara.comPapua Barat, adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di ujung barat Pulau Papua. Para wisatawan atau traveller pastinya sering mendengar tentang keindahan destinasi wisata yang ada di Papua Barat.

Sebut saja Raja Ampat, wilayah yang terletak di sebelah timur Indonesia ini memang sudah terkenal dengan kekayaan alamnya yang sangat indah. Tak hanya Raja Ampat, pulau-pulau yang ada disekitarnya dengan pemandangan lautnya yang berwarna kebiruan begitu memukau siapa saja yang melihatnya.

Selain Raja Ampat, banyak destinasi wisata tersembunyi di beberapa kabupaten yang ada di Papuat Barat. Mulai dari wisata laut, gunung, air terjun, dan danau.

Baca Juga: UMKM Bhayangkari Papua Barat Dukung Program Pemerintah Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

Namun sayangnya, akses transportasi selama ini hanya fokus pada spot wisata berpenghuni. Hal itu disampaikan oleh komisi II, anggota DPR Provinsi Papua Barat, Syaiful Maliki Arif. Ia mengatakan bahwa harusnya pemerintah daerah tidak hanya fokus pada satu destinasi wisata, tetapi juga mempromosikan potensi wisata yang masih tersembunyi.

Papua Barat punya potensi pariwisata yang cukup besar tapi memang selama pandemi ini banyak kendala. Jangankan pariwisata yang baru dikembangkan, yang sudah punya Ikon internasional seperti Raja Ampat juga jatuh terpuruk. Saya pikir setelah pandemi berlalu Pemerintah daerah harus lebih kreatif lagi mempromosikan pariwisata yang ada, “jelasnya belum lama ini.

Ia juga mengungkapkan, kendala-kendala yang sering dialami adalah penyediaan sarana transportasi menuju spot wisata. Sebab, spot wisata di beberapa daerah di Papua sangat jauh dan memiliki medan yang cukup sulit.

Baca Juga: Yuk! Jalan-jalan ke Kali Kaca Ayamaru, Papua Barat

“Kalau saya lihat, di Papua Barat ini kendalanya di transportasi. Destinasi wisata di Papua Barat itu kebanyakan jauh, kemudian waktu turis atau wisatawan datang itu kan terbatas waktunya, jadi bagaimana mensiasati dengan waktu yang singkat itu mereka bisa sampai ke destinasi wisata yang jauh, “tukasnya.

Halaman:

Editor: Megawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Leker Tebal Ini Hanya Butuh 4 Bahan, Anti Gagal!

Selasa, 18 Januari 2022 | 13:38 WIB

Resep Cimol Kentang Hitz, Dijamin Krenyes!

Senin, 17 Januari 2022 | 20:05 WIB

Resep Cireng Koin dari Nasi, Bisa Kamu Coba di Rumah

Minggu, 16 Januari 2022 | 16:49 WIB

4 Wisata yang Harus Kamu Datangi di Kepulauan Riau

Rabu, 12 Januari 2022 | 16:19 WIB
X