• Selasa, 19 Oktober 2021

Aplikasi Mbak Dewi yang Dimiliki Desa Wisata Tinalah, Solusi Bangkit dari Keterpurukan Pariwisata

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 09:51 WIB
Salah satu view pemandangan Desa Tinalah. (Tangkap layar YouTube/ Dewi Tinalah)
Salah satu view pemandangan Desa Tinalah. (Tangkap layar YouTube/ Dewi Tinalah)

PenaBicara.com- Hampir dua tahun, sejak Covid-19 menyapa negeri ini, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terpuruk. Pelaku wisata sangat terdampak langsung dengan pandemi yang tak kunjung usai. 

Untuk menjawab keinginan masyarakat yang suka traveling, bahkan banyak yang menyediakan jasa traveling secara virtual. 

Era pandemi dibarengi dengan era digital. Teknologi komunikasi dan informasi menjadi jalur utama agar masyarakat tidak ketinggalan dalam menjalankan aktivitasnya. 

Membangkitkan kembali geliat sektor pariwisata, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyelenggarakan ajang Anugerah  Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. 

Baca Juga: Sandiaga Uno Kritisi Minimnya ’Sinyal’ di Daerah Desa Wisata Mangunan

Dukungan mengalir dari elemen masyarakat agar sektor pariwisata kembali bangkit.

Tim Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Universitas Atma Jaya berkolaborasi dengan Universitas Kristen Immanuel (Ukrim) dan pengurus Desa Wisata Tinalah, membuat sebuah aplikasi yang dinamai Mbak Dewi yang berbasis kecerdasan buatan. 

Aplikasi Mbak Dewi mendapatkan apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno saat berkunjung ke Desa Wisata Tinalah dalam rangka penilaian 50 besar Desa Wisata yang turut dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. 

“Ini aplikasi Mbak Dewi,aplikasi yang berbasis AL ya? Bagus, saya sudah mendengar tentang ini. Saya resmikan dengan tanda tangan. Selamat dan sukses untuk Dewi Tinalah,” tandas Sandiaga, dikutip PenaBicara.com dari suaramerdeka.com.

Halaman:

Editor: Hardaning Tyas

Sumber: suaramerdeka.com

Tags

Terkini

X