• Selasa, 24 Mei 2022

Kombes Rinny Wowor, Polwan Pertama yang Sandang Doktor Psikologi

- Rabu, 11 Mei 2022 | 06:49 WIB
Kombes Pol Rinny Shirley Theresia Wowor atau dikenal Rinny Wowor adalah polwan pertama yang menyandang gelar doktor program Psikologi.  (Sumber: Humas Polri)
Kombes Pol Rinny Shirley Theresia Wowor atau dikenal Rinny Wowor adalah polwan pertama yang menyandang gelar doktor program Psikologi. (Sumber: Humas Polri)

PenaBicara.com - Kombes Pol Rinny Shirley Theresia Wowor atau dikenal Rinny Wowor adalah polwan pertama yang menyandang gelar doktor program Psikologi dari Universitas Indonesia (UI). Rinny merupakan istri Irjen Pol Yazid Fanani, Kepala STIK-PTIK.

Di korps Bhayangkara, Rinny menjabat Pamen Baintelkam Polri (Penugasan pada BIN) sejak 2 September 2019. Jebolan Seba Polwan 1988 dan Setukpa 1997 ini berpengalaman di bidang Psikologi.

Jabatan terakhirnya adalah Kasubbag Litpsi Bagpsipol Biro Psikologi SSDM Polri.

Baca Juga: Lirik Lagu Andika Mahesa 'Kangen Band' - Jika Mengerti Aku

Pencapaian gelar doktor yang diraih Rinny berkat disertasi berjudul 'Budaya Senjang Kekuasaan, Rasa Percaya dan Unjuk kerja: Analisis Mediasi Termoderasi Pengaruh Kepemimpinan Melayani dan Komitmen Afektif Terhadap Unjuk Kerja Petugas Pemolisian Komunitas'.

Menurut Rinny, penelitiannya mampu memberikan kontribusi cukup besar dari Polri. Selama Polri tetap mengedepankan crime prevention atau pencegahan tentu penting dalam pemolisian komunitas.

"Tidak hanya komitmen dari pelaksana pemolisian komunitas, tapi juga pemimpinnya juga harus lebih mengedepankan tugas sebagai pelayanan yakni kepemimpinan yang melayani didukung rasa percaya anggota kepada pemimpinnya. Bila anggota polisi sudah bagus, maka akan memberi kontribusi kepada masyarakat," ujar Rinny dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Apa Ramalan Zodiakmu Hari Ini? Rabu, 11 Mei 2022 Semangat Menjalani Aktivitas!

Rinny pun mengungkapkan alasan melanjutkan pendidikan hingga meraih predikat polwan pertama doktor psikologi. Pasalnya, saat itu dia bekerja di Biro Psikologi Polri.

Selain menambah keilmuan soal psikologi, belum adanya doktor psikologi yang dimiliki Polri menjadi alasan kuat dia menempuh pendidikan hingga jenjang S3.

Halaman:

Editor: Megawati

Sumber: humas.polri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

David Siegel,Milyarder Investasi Terkaya

Selasa, 5 April 2022 | 12:56 WIB
X