• Selasa, 28 Juni 2022

Kisah Maria Asuncion Aramburuzabala,Salah Satu Orang Terkaya Di Dunia Asal Meksiko

- Kamis, 21 April 2022 | 12:17 WIB
Wanita Terakaya dunia asal Meksiko,Maria Acension Aramburuzabala (Ahmad Hafidz Zaini)
Wanita Terakaya dunia asal Meksiko,Maria Acension Aramburuzabala (Ahmad Hafidz Zaini)

Penabicara.com - Salah satu orang terkaya di dunia ialah Maria Asuncion Aramburuzabala. Maria merupakan seorang pengusaha dan wanita terkaya di Meksiko. Dia adalah ketua Tresalia Capital dan memiliki kekayaan bersih lebih dari USD6,2 miliar (Rp89 triliun), menurut Forbes.

Maria Asuncion Aramburuzabala atau yang dipanggil sebagai Marisun oleh teman-temannya, lahir pada 2 Mei 1963 di Mexico City, Meksiko. Dia adalah cucu dari Felix Aramburuzabala, yang ikut mendirikan pabrik bir Meksiko Grupo Modelo pada tahun 1925 dengan teman dan rekannya don Pablo Diez Fernandez. Ayahnya, Pablo Aramburuzabala adalah Wakil Presiden Eksekutif brewery Grupo Modelo.

Aramburuzabala lulus dari Instituto Tecnologico Autonomo de Mexico di mana dia mengambil jurusan Akuntansi.

Baca Juga: Mengenal Kembali R.A Kartini, Sang Pejuang Emansipasi Wanita

 

Pabrik bir Meksiko, Cerveceria Modelo, didirikan pada tahun 1925 oleh sekelompok pengusaha, termasuk don Pablo Diez Fernandez, yang menjadi Presiden, CEO, dan pemegang saham utama perusahaan dan Felix Aramburuzabala, kakek dari Maria.

Putra Felix, Pablo Aramburuzabala, Wakil Presiden Eksekutif tempat pembuatan bir meninggal secara tak terduga pada tahun 1995 karena kanker paru-paru pada usia 63 tahun. Setelah kematiannya, beberapa kelompok mencoba untuk menguasai bagian keluarganya di Modelo.

 

Kemudian, keluarga ini menciptakan Tresalia Capital ("tres aliadas" atau tiga sekutu) untuk mendiversifikasi investasi keluarga. Melalui Tresalia, keluarga Aramburuzabala telah melakukan investasi di perusahaan besar Meksiko, serta pengelolaan ekuitas swasta, real estat, infrastruktur, modal ventura, teknologi, dan penciptaan perusahaan baru. Tresalia juga terkenal karena mengkapitalisasi proyek investasi dari pengusaha muda.

Baca Juga: Kejar Pelaku, Polisi Ungkap Modus Perampok Bersenpi Minimarket Tangsel

Setelah penjualan Grupo Modelo, dia menginvestasikan kembali hasilnya ke Anheuser Busch InBev melanjutkan tradisi keluarga dalam bisnis bir.

Tresalia saat ini adalah kantor keluarga terkemuka di Meksiko dengan jalur investasi terstruktur di Pasar Ekuitas Swasta, Real Estat, Teknologi, Infrastruktur, dan publik.

Maria Asuncion Aramburuzabala sejauh ini adalah wanita pengusaha paling terkenal di Meksiko. Dia melayani di dewan bir raksasa Anheuser-Busch InBev.

Halaman:

Editor: Ahmad Hafidz Zaini

Sumber: WE

Tags

Artikel Terkait

Terkini

David Siegel,Milyarder Investasi Terkaya

Selasa, 5 April 2022 | 12:56 WIB
X