• Selasa, 28 Juni 2022

Mengenal Kembali R.A Kartini, Sang Pejuang Emansipasi Wanita

- Kamis, 21 April 2022 | 11:05 WIB
Ilustrasi R.A Kartini (Canva modified by Sukma Nur)
Ilustrasi R.A Kartini (Canva modified by Sukma Nur)

PenaBicara.com - Setiap tahunnya, 21 April selalu diperingati sebagai Hari Kartini. Di mana pada hari tersebut, merupakan kilas balik mengingat perjuangan R.A Kartini yang gigih berjuang untuk sebuah emansipasi wanita di Indonesia.

Raden Ajeng Kartini, atau R.A Kartini adalah anak dari Bupati Jepara, Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, dan ibunya, M.A Ngasirah yang tak lain adalah anak dari pasangan guru agama di Jepara.

Dalam keluarga, R.A Kartini adalah anak ke-5 dari 11 bersaudara. Ia adalah anak perempuan tertua dari semua saudara kandungnya.

Baca Juga: Rizky Billar Ungkap Uang Dari Bos DNA Pro Adalah Bentuk Apresiasi Menjadi Orang Tua Baru

Perjalanan R.A Kartini dalam pendidikan hanya bisa ia raih sampai usianya berumur 12 Tahun di Europese Lager School (ELS). Setelahnya, ia harus menerima nasib harus segera menikah perintah orang tuanya.

R.A Kartini pandai dalam Bahasa Belanda, oleh karena itu ia senang menyurati teman-teman Belandanya, termasuk Rosa Abendanon sahabat karibnya.

Semasa muda, R.A Kartini senang membaca buku, majalah, dan koran-koran Eropa yang pada akhirnya membuat Kartini berpikiran memajukan pemikiran perempuan Indonesia.

Baca Juga: Perampok Minimarket Tangsel Gondol Uang 70 Juta Rupiah

Rosa Abendanon juga berperan penting dalam pemikiran maju R.A Kartini. Di mana, Rosa sering mengirimkan buku-buku untuk sahabatnya agar bisa menambah pengetahuan dan wawasan.

Keinginan R.A. Kartini untuk memajukan harkat derajat perempuan Indonesia, terutama dalam kesetaran pendidikan akhirnya berhasil
dengan berdirinya Kartini School.

Halaman:

Editor: Hilda Arief

Sumber: Youtube Helo Edukasi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

David Siegel,Milyarder Investasi Terkaya

Selasa, 5 April 2022 | 12:56 WIB
X