• Selasa, 28 Juni 2022

Rian Fahardhi, Pemuda Viral yang Mengajak Masyarakat untuk Peduli Terhadap Bumi dan Perubahan Iklim

- Sabtu, 16 April 2022 | 09:25 WIB
Rian Fahardhi, pemuda yang mengajak masyarkat untuk perduli dengan bumi atas perubahan iklim yang terjadi.  (Tiktok @rianfahardhi dan Canva)
Rian Fahardhi, pemuda yang mengajak masyarkat untuk perduli dengan bumi atas perubahan iklim yang terjadi. (Tiktok @rianfahardhi dan Canva)

PenaBicara.com - Beberapa hari terakhir, media sosial tiktok ramai akan video para Ilmuwan di luar negeri yang mulai protes dan turun ke jalan meminta masyarakat untuk lebih perduli terhadap perubahan iklim di bumi yang salah satunya dipicu oleh emisi karbon.

Jika masyarakat tidak perduli akan hal itu, maka bumi hanya memiliki waktu 3 tahun sebelum keruntuhannya akan terjadi di tahun 2025. Untuk meningkatkan rasa kepedulian masyarakat terhadap bumi dan iklim, pemuda yang memang aktif di tiktok, Rian Fahardhi turut serta mengingatkan para masyarakat untuk lebih peduli pada bumi melalui unggahan video dirinya yang diunggah pada Jumat, 15 April 2022.

Dengan video tiktok yang berjudul Let The Earth Breathe yang dijadikan sampul halaman oleh Rian Fahardhi, pemuda tersebut menyampaikan dan memohon kepada masyarakat untuk merenungkan sejenak kalau bumi yang sedang kita pijaki saat ini sedang tidak baik-baik saja.

Baca Juga: Yordania Berhadapan Dengan Krisis Iklim Kelangkaan Air

Dalam videonya, Rian Fahardhi menanyakan kondisi saat ini yang dirasakan oleh masyarakat. Di mana masyarakat pasti merasakan kalau saat ini cuaca lebih panas dari pada biasanya.

Rian Fahardhi menyebut kalau situasi tersebut bukan terjadi karena pawang hujan di Mandalika. Tetapi terjadi karena meningkatnya pemanasan global dan perubahan iklim yang semakin memburuk setiap harinya.

Hal ini yang memicu para ilmuwan turun ke jalan. Memprotes dan bersuara kalau perubahan iklim adalah permasalah serius yang harus diatasi secara bersama-sama.

Baca Juga: Ini Dia Dampak Yang Akan Dirasakan Oleh Manusia Karena Perubahan Iklim Yang Terjadi

Untuk mengatasi hal tersebut, bersama bisa diatasi dan dimulai dengan hal kecil. Rian Fahardhi menyebutkan beberapa cara yang bisa dilakukan oleh semua masyarakat, yaitu dengan cara:

1. Hapus ribuan email yang sudah kita baca dan menumpuk di akun email.
2. Mematikan PC dan laptop atau barang elektronik kalau sudah tidak digunakan
3. Mengurangi penggunaan plastik
4. Selalu cabut kabel yang tidak digunakan
5. Menanam pohon

Halaman:

Editor: Hilda Arief

Sumber: TikTok @rianfahardhi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

David Siegel,Milyarder Investasi Terkaya

Selasa, 5 April 2022 | 12:56 WIB
X