• Selasa, 28 Juni 2022

Mengenal Ibnu Batutah, Penjelajah Muslim Terhebat yang Mendunia

- Jumat, 8 April 2022 | 12:05 WIB
Ilustrasi Ibnu Batutah. (Canva modified by Sukma Nur Fitriana)
Ilustrasi Ibnu Batutah. (Canva modified by Sukma Nur Fitriana)

PenaBicara.com - Abu Abdullah Muhammad bin Abdullah Al-Lawati At-Tanji bin Batutah atau yang dikenal dengan Ibnu Batutah adalah seorang penjelajah muslim terbaik, yang disebut-sebut mengalahkan penjelajahan Marcopolo atau penjelajah dari dunia barat lainnya.

Lahir di Maroko, pada 23 Februari 1304, Ibnu Batutah berhasil mengelilingi dunia dan mengunjungi 44 negara selama kurang lebih 30 tahun lamanya.

Ibnu Batutah rela meninggalkan keluarga, teman, sahabat dan kampung halamannya demi berkeliling dunia menggunakan keledai, unta, kuda, dan berlayar demi menjelajah menempuh jarak sejauh 120.700 kilometer.

Baca Juga: Pria Penjaga Sekolah di Cakung Ditemukan Tewas Bunuh Diri

Melihat keadaan dan kondisi saat itu, perjalanan yang ditempuh oleh Ibnu Batutah adalah perjalanan yang sangat hebat dan mengagumkan.

Salah satu sumber mengatakan, awal mula Ibnu Batutah ingin melakukan perjalanan dan menjelajah didasari oleh cerita dari para pedagang yang tak lain adalah teman dan sahabat ayahnya yang suka berlayar ke banyak negeri di luar Maroko.

Saat itu, Ibnu Batutah jadi memiliki keinginan untuk mengelilingi dunia dan menemui peradaban yang belum pernah ditemuinya.

Baca Juga: Fatimah Azzahra, Anak Perempuan Kesayangan Rasulullah yang Meninggal di Hari Ke-3 Ramadhan

Pada tahun 1325, diusianya yang menginjak 21 Tahun, Ibnu Batutah memutuskan untuk memulai langkah pertamanya untuk menjelajah. Tujuan utamanya adalah Mekkah dan berniat untuk melaksanakan haji.

Ibnu Batutah pergi menyusuri banyak jalur demi melaksanakan haji dan memiliki niatan lain yaitu untuk menimba ilmu agama dan hukum.

Halaman:

Editor: Hilda Arief

Sumber: Beragam Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

David Siegel,Milyarder Investasi Terkaya

Selasa, 5 April 2022 | 12:56 WIB
X