• Selasa, 24 Mei 2022

Mengenal Sosok Jodha Bai, Ibu Toleransi di Kerajaan Mughal

- Kamis, 13 Januari 2022 | 12:49 WIB
Ilustrasi Jalaludin Akbar & Jodha Bai (Sukma Nur Fitriana)
Ilustrasi Jalaludin Akbar & Jodha Bai (Sukma Nur Fitriana)

PenaBicara.comJodha Bai atau yang memiliki nama Hindu Hira Kunwari adalah istri ketiga dari Sultan Jalaludin Akbar, penguasa Kerajaan Mughal generasi ketiga yang memiliki tiga orang istri lainnya.

Jodha Bai adalah anak sulung perempuan Raja Bharmal dari Ambeer. Dalam berbagai sumber sejarah menyebutkan, bahwa sebenarnya tidak ada yang mengetahui siapa nama asli dari Jodha Bai karena tidak ada literatur atau data pendukung yang menyatakan bahwa istri dari Jalaludin Akbar itu bernama Jodha Bai.

Jodha Bai lebih diketahui dengan nama Hindu Hira Kunwari dan setelah menikah dengan Jalaludin Akbar, ia mendapatkan gelar atau nama lain yaitu Mariam Uz-Zamani yang berarti ibu segala zaman. Nama Mariam Uz-Zamani menunjukkan bahwa Jodha Bai memiliki kedudukan satu tingkat di bawah raja.

Baca Juga: Mau Produktif Setiap Hari? Coba 10 Tips Agar Tetap Produktif di Segala Kondisi

Selain itu, Jodha Bai juga dijuliki dengan Wali Nimat Begum yang berarti karunia Allah.

Latar belakang yang menjadi alasan pernikahannya dengan Jalaludin Akbar pada awalnya hanyalah alasan poilitik. Jodha Bai adalah isti seserahan, sebagai bentuk terimakasih ayahnya kepada Jalaludin Akbar karena telah membantunya yang tengah berkonflik dengan adik iparnya Sharifuddin Mirdza.

Pernikahan Jodha Bai dan Jalaludin Akbar disebut sebagai pernikahan yang membawa kebaikan kepada Kerajaan Mughal karena ini adalah contoh nyata dari apa yang disebut dengan toleransi.

Baca Juga: Apa Ramalan Zodiakmu Hari Ini? Kamis, 13 Januari 2022, Pentingnya Konsisten!

Jodha Bai adalah seorang penganut agama Hindu yang taat, saat ingin menikah dan setelah menikah, Jalaludin Akbar tidak pernah memintanya untuk berpindah keyakinan mengikuti dirinya sebagai seorang muslim.

Halaman:

Editor: Ayu Puji Handayani

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

David Siegel,Milyarder Investasi Terkaya

Selasa, 5 April 2022 | 12:56 WIB
X