• Selasa, 24 Mei 2022

Gayatri Rajapatni, Wanita Cerdas di Balik Kejayaan Sebuah Kerajaan Besar

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 11:44 WIB
ilustrasi (Hilda Arief)
ilustrasi (Hilda Arief)

PenaBicara.com – Gayatri Rajapatni, anak bungsu dari raja kerajaan Singasari yang terakhir atau Sri Maharaja Kertanegara ternyata memiliki peran yang sangat penting dalam kejayaan kerajaan Majapahit.

Perempuan dengan nama lengkap Dyah Dewi Gayatri Rajassa tersebut ternyata memiliki kepiawaian dalam manuver politik dan berhasil membantu Dyah Wijaya menjayakan kerajaan Majapahit.

Setelah peristiwa penyerangan Mongol dan dimenangkan oleh Dyah Wijaya, Dyah Wijaya dinobatkan sebagai raja pertama Majapahit di tahun 1293.

Sebagai raja pertama dengan gelar Kertarajasa Jaya Wardhana, Dyah Wijaya juga menikahi ketiga saudari Gayatri dan menjadikan saudari tertuanya sebagai permasuri.

Dyah Wijaya juga menikahi perempuan berdarah Melayu dan melahirkan seorang putra yang dinobatkan sebagai putra mahkota.

Baca Juga: Banyak Kredit Macet, Sebabkan KUR Tak Terserap Maksimal

Putra Mahkota tersebut adalah Djayanegara dan sempat bertahta. Namun sayangnya, 19 tahun kemudian, Djayanegara terbunuh dan tidak memiliki seorang keturunan. Oleh karena itulah, putri Gayatri, Dyah Gitarja naik tahta dan Gayatri memilih menjadi seorang biksuni dan meninggalkan kehidupan duniawinya.

Namun, menjadi seorang biksuni bukan berarti Gayatri tidak melakukan apa-apa untuk kerajaan.

Gayatri justru menjadi seseorang dibalik layar dan sering sekali disebut-sebut sebagai dalang dari manuver politik kejayaan kerajaan Majapahit.

Halaman:

Editor: Hilda Arief

Sumber: YouTube ASISI Channel

Artikel Terkait

Terkini

David Siegel,Milyarder Investasi Terkaya

Selasa, 5 April 2022 | 12:56 WIB
X