• Jumat, 12 Agustus 2022

Sarjono Memperjuangkan Hidup Nekat ke Jepang dan Kini Menjadi Guru dan Advokat,Bagaimana Ceritanya?

- Kamis, 2 Desember 2021 | 07:06 WIB
Sarjono, S.Pd, S.H (Istimewa)
Sarjono, S.Pd, S.H (Istimewa)

PenaBicara.com – Ada pepatah lama yang mengatakan kalau usaha tidak pernah mengkhianati hasil. Apapun itu keinginanmu, sesuai atau tidak dengan rencanamu, hasil dari sebuah usaha yang sudah diperjuangkan pasti akan membawa diri pada keberhasilan.

Hal tersebut sudah dibuktikan oleh Sarjono, S.Pd,S.H, seorang anak peternak sapi di Boyolali dan sukses menjadi seorang guru juga seorang advokat.

Untuk sampai pada titik ini, Sarjono harus menempuh perjalanan hidup yang panjang. Dimulai dari berhutang sampai-sampai mengecap kehidupan di negara sakura, Jepang.

Baca Juga: Jangan Panik dan Kenali Mutasi Omicorn, Ini Penjelasannya !

Sebelumnya Sarjono merupakan tamatan SMK yang bekerja di sebuah pabrik tekstil. Namun karena penghasilannya yang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya, hal tersebut malah membuat Sarjono sering berhutang.

Nekat dengan hasil hutangnya tersebut, Sarjono memutuskan untuk mengikuti kursus Bahasa Jepang dan berkeinginan untuk kerja di sana. Sembari mengikuti kursus, Sarjono juga mencari peruntungan dengan berjualan rumput gajah dan dami (pohon padi) untuk pakan sapi serta penawar jasa yang mau membeli sepeda motor. 

Selama setahun mengikuti kursus di Solo, usaha kursusnya belum membuahkan hasil.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Alam di Semarang yang Wajib Dikunjungi Ketika Libur Akhir Pekan

“Saya kursus kurang lebih 1 tahun di Solo. Saking semangatnya ingin berangkat ke Jepang sampai tes beberapa kali tidak lolos, tidak diterima, padahal itu diam-diam pakai duit hutang," kata Jono.

Halaman:

Editor: Hilda Arief

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X