• Kamis, 20 Januari 2022

Indah: 'Jadi Menjadi Guru SD Harus Ekstra Sabar, Tapi Menyenangkan'

- Kamis, 25 November 2021 | 13:38 WIB
Indah saat melakukan proses belajar mengajar.  (Foto:Istimewa)
Indah saat melakukan proses belajar mengajar. (Foto:Istimewa)
PenaBicara.com - Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Di sisi lain, tanggal 25 November juga diperingati sebagai hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).
 
Penetapan Hari Guru Nasional pada 25 November adalah wujud penghormatan pada guru atas jasa-jasanya yang telah mencerdaskan anak bangsa. 
 
Tak seperti pegawai negeri yang dapat sertifikasi dan kejelasan gaji. Guru honorer harus pandai mengatur diri, sebab kenaikan gaji masih di gantung nasib. 
 
Seperti yang diungkapkan Indah Iriani, yang merupakan guru honorer di Sekolah Dasar (SD) Tirta Istianah Terpadu, Jl. Arteri, kelurahan Sawagumu, distrik Sorong Timu, kota Sorong, provinsi Papua Barat
 
Sejak duduk dibangku kuliah, ia sudah berprofesi menjadi guru. Menurutnya menjadi seorang guru adalah keputusan besar dan hebat. Sebab, tidak semua orang mau berprofesi menjadi guru karena tanggung jawab yang besar, dengan gaji yang tidak seberapa. 
 
"Jadi guru itu menurutku keputusan besar dan hebat. Karena tidak semua orang mau berprofesi guru dengan tanggung jawab yang besar dan gaji yang tidak sebanding dengan tanggung jawabnya, "ucap Indah kepada PenaBicara.com, Kamis 25 November 2021.
 
Indah mengungkapkan, banyak cerita susah dan senang selama menjadi guru, apalagi guru SD, harus extra sabar. Menurutnya, rasa senang menjadi guru adalah tidak perlu menjadi artis untuk bisa diidolakan. 
 
" Kalau mau dilihat dari segi senangnya, jadi guru kita tidak perlu jadi artis untuk bisa diidolakan. Cukup jadi guru yang menyenangkan, perhatian dan bisa menempatkan diri sebagai sahabat, juga orang tua kedua buat murid saja kita bisa menjadi idola dimata mereka, "cerita Indah. 
 
Selain itu, dengan menjadi guru ia bisa mengetahui banyak karakter murid yang berbeda-beda. Mulai dari murid yang nakal, ceria, dan lain-lain. 
 
Walaupun terkadang tingkah murid-murid membuatnya kesal dan lelah, tingkah lucu mereka bisa menjadi penawar. Dari sini lah Indah dapat melatih kesabaran dan keikhlasan. 
 
"Duka jadi guru adalah beban mental kalau misalkan muridnya tidak naik kelas atau tidak lulus dan lain sebagainya. Sebagai guru pasti sedih dan merasa belum maksimal dalam mendidik muridnya, "ungkap Indah. 
 
"Belum lagi jadi guru honorer yang gajinya bisa dibilang tidak tinggi jika dibandingkan dengan profesi yang lain. Itu kenapa guru disebut pahlawan tanpa tanda jasa. Yang teristimewa dengan jadi guru kita bisa menabung pahala untuk di akhirat, " tambah Indah. 
 
Lewat momentum Hari Guru Nasional 2021 ini, Indah berharap, guru-guru di Indonesia tetap semangat mencerdaskan dan membimbing murid-muridnya dalam menggapai cita-cita. 
 
"Semoga guru-guru tetap semangat untuk mencerdaskan dan membimbing murid-murid-muridnya mencapai cita-cita luhur, dan menjadi insan yang mulia, dengan memperkuat pendidikan dalam mentransfer ilmu dengan mengintegrasikan pendidikan karakter," tuntasnya.***

Editor: Megawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tempat Angker di Kota Kediri Membuat Bulu Kudu Naik

Selasa, 11 Januari 2022 | 18:28 WIB
X