• Sabtu, 4 Desember 2021

'Tong Ting Tang' Bunyi Khas Kolintang Minahasa yang Mulai Mendunia

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 11:09 WIB
Alat musik kolintang (Tangkap layar/YouTube PINKAN)
Alat musik kolintang (Tangkap layar/YouTube PINKAN)

PenaBicara.com- “Tong…,Ting..Tang…” Bunyi khas alat musik kolintang yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara. Ketukan bunyi itu memiliki dasar dalam musik “tong” nada rendah, “ting” nada sedang dan “tang” nada tinngi. 

Suara musik kolintang saat ini tak hanya digunakan untuk mengiringi upacara adat di Minahasa. Suara kolintang sekarang sangat diminati, terutama bagi pecinta musik. Bahkan, melalui berbagai even kolintang sudah dikenal dunia. 

Alat musik kolintang lulus uji petik Penilaian Mandiri Kabupaaten/Kota Kreatif Indonesian(PMK3), dan menjadi sub sektor unggulan kabupaten Minahasa Utara.

Kolintang merupakan alat musik tradisional yang dulunya hanya digunakan untuk mengiringi upacara adat,tari dan bermusik di Minahasa. Tetapi saat ini, kolintang mulai mendunia.

Cara memainkan alat musik ini sangat mudah, dengan memukul bilah-bilah kayu dengan pemukul khusus yang terbuat dari kayu juga. 

Bentuk alat musik kolintang sangat berbeda dengan alat musik lainnya. Alat musik kolintang dibuat dari bilah kayu yang disusun di atas galangan kayu sehingga menimbulkan suara musik yang berirama. 

Kayu yang digunakan pun tak sembarang kayu. Ada beberapa jenis kayu yang biasanya digunakan yaitu Kayu Telur, Kayu Wenuang, Kayu Waru, dan Kayu cempaka yang memiliki serat paralel.

Pengrajin kolintang saat ini sudah mulai berkreasi, sehingga kolintang memiliki tangga nada yang diatonis dan lebih dinamis. 

Saat ini alat musik dari Monahasa ini, sudah mendunia melalui berbagai even Nasional dan Internasional. 

Halaman:

Editor: Hilda Arief

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa Saja Program Kerja DMI Kota Sorong 2021?

Selasa, 30 November 2021 | 09:47 WIB

7 Fakta Menarik Kraton Yogyakarta, Apa Saja?

Senin, 29 November 2021 | 13:19 WIB
X