• Selasa, 31 Januari 2023

Budgeting Itu Apa?

- Senin, 28 November 2022 | 12:09 WIB
Ari Wulandari, Dosen Universitas PGRI, Yogyakarta (Hilda Arief )
Ari Wulandari, Dosen Universitas PGRI, Yogyakarta (Hilda Arief )

 

Ari Wulandari

Penulis, peneliti budaya, dan dosen PBSI, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta; web pribadi arikinoysan.com. 

 

PenaBicara.com- Budgeting itu apa? Pertanyaan ini rasanya mudah, tapi ya tidak terlalu mudah untuk saya. Terlebih kalau urusannya dengan ibu-ibu. Karena manajemen duitnya pasti berbeda dengan saya. Berpikir sejenak, sebelum saya menjawab dengan kalimat yang sederhana.

Pada prinsipnya budgeting adalah perencanaan keuangan, membuat anggaran, membuat rencana pengeluaran berdasarkan pendapatan. Dalam lingkup perusahaan komersial, mungkin artinya tidak sesederhana itu. Budgeting bisa berlaku bagi siapa saja, baik perseorangan, keluarga, perusahaan, institusi, dll. Tentu masing-masing memiliki aturan dan ketentuan yang berbeda-beda.

Biasanya kalau perencanaan keuangannya betul dan dilakukan sesuai yang sudah diatur, semua akan berjalan dengan baik. Artinya pengeluaran tidak akan melebihi pendapatan. Kalaupun sudah dianggarkan, dibuat budgeting, tapi masih dilanggar, ya wassalam deh. Karena pasti kedodoran dan tekor jadinya.

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Lakukan Kunjungan Kerja ke Empat Provinsi di Papua, Ini Agendanya

Yang bisa kedodoran dan tekor itu tidak hanya perusahaan atau mereka yang menjalankan usaha. Individu, rumah tangga, keluarga, yang tidak melakukan pengaturan keuangan pun bisa mengalami kerugian. Kerugiannya tentu dalam hal yang berbeda. Kerugian dalam mengatur keuangan bagi individu atau keluarga, biasanya mudah terlihat dalam jumlah utang yang banyak ---untuk kepentingan konsumsi dan tidak produktif, tapi terus menerus menggeroti pendapatan utama.

Lalu bagaimana budgeting yang baik untuk individu yang sudah berpenghasilan atau rumah tangga? Ini merupakan hal prinsip yang versi saya, semestinya setiap orang memilikinya. Terlebih kalau pendapatannya masih kurang banyak. Pengaturan uang harus baik, bila tidak ingin gali lubang tutup lubang untuk menambal utang sana-sini.

Halaman:

Editor: Hilda Arief

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Tahun Baru Imlek

Minggu, 22 Januari 2023 | 17:35 WIB

Penyuplai Narkoba ke Revaldo Masuk DPO

Minggu, 15 Januari 2023 | 09:29 WIB

Polisi Telusuri Pemasok Narkoba ke Aktor Revaldo

Sabtu, 14 Januari 2023 | 11:05 WIB

Revaldo Bakal Jalani Rehabilitasi di Lido Sukabumi

Sabtu, 14 Januari 2023 | 11:00 WIB
X