• Kamis, 6 Oktober 2022

Seragam Sekolah

- Senin, 8 Agustus 2022 | 07:25 WIB
Ari Wulandari (Hilda Arief)
Ari Wulandari (Hilda Arief)

 

ARI WULANDARI

Dosen PBSI - FKIP - Universitas PGRI Yogyakarta 

 

Saat ini masih ramai bahasan tentang seragam sekolah di tempat tinggal saya, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Konon, adanya tindakan pemaksaan seragam sekolah mengenakan jilbab dan pakaian lengan panjang beserta rok panjang bagi siswa perempuan. Tindakan tersebut telah memakan korban yang menjadikan pihak siswa mengalami trauma. Dampaknya, beberapa pihak yang dianggap terlibat dalam tindakan tersebut dikenai sanksi berkaitan dengan pekerjaannya sebagai guru dan kepala sekolah.

Saya sebut konon, karena saya tidak mengikuti detail kejadian dan perkara tersebut secara terperinci. Bapak Ibu dkk pembaca bisa mencari detail informasinya ke media-media lain yang menurunkan laporan tersebut secara akurat. Namun berita itu santer sekali dan saya pun sempat bertanya, lha kenapa soal seragam saja kok dipaksa berjilbab? Di sekolah negeri pula!

 Baca Juga: Claypot Popo, Kuliner Tionghoa Di Jakarta Selatan, Bagai Pulang ke rumah Popo di Film Kungfu.

Saya sebagai mantan anak sekolahan, sebenarnya cukup kaget dengan kenyataan tersebut. Ya, karena sebagai lulusan sekolah negeri sepenuhnya ---baik dari SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi; saya merasa bahwa urusan berpakaian itu tidak pernah ada masalah yang beribet. 

Sekolah zaman saya, tentu saja tidak sama dengan sekolah zaman sekarang. Bayangkan, kalau dulu saya masuk SD bisa tanpa perlu ijazah PAUD dan TK, anak sekarang masuk SD harus sudah memiliki kedua ijazah tersebut. Selain itu, di sekolah-sekolah bergengsi atau bertaraf internasional, masuk SD pun menggunakan serangkaian tes formal yang harus lulus dengan standar minimal mereka. Tanpa itu, anak-anak tidak bisa masuk di SD tersebut. Demikian juga untuk tingkat SMP dan SMA. Aturan dan persyaratannya lebih beragam dengan biaya yang tentu saja tidak lagi ringan. 

Halaman:

Editor: Hilda Arief

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Supporter Sepak Bola Kita

Senin, 3 Oktober 2022 | 13:07 WIB

Ini Deretan Luka Memar Lesti Kejora Usai Alami KDRT

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 10:07 WIB

Buat Standar Pribadi

Kamis, 29 September 2022 | 08:40 WIB

Pengguna Transportasi Online

Senin, 26 September 2022 | 08:31 WIB

Investasi Kesehatan

Kamis, 22 September 2022 | 08:34 WIB

Ada Tips Dari Baim Wong Untuk Deketin Gebetan, Apa itu?

Selasa, 20 September 2022 | 13:59 WIB

Damos Simatupang Resmi Pimpin PJS Deli Serdang

Selasa, 20 September 2022 | 07:32 WIB

Apalagi yang Bisa Dihemat?

Senin, 19 September 2022 | 15:19 WIB
X