• Jumat, 12 Agustus 2022

Sok Sibuk Atau Produktif?

- Jumat, 29 Juli 2022 | 12:04 WIB
Ari Wulandari (Hilda Arief)
Ari Wulandari (Hilda Arief)

 

ARI WULANDARI

Dosen PBSI - FKIP - Universitas PGRI Yogyakarta

 Sehari semalam waktu kita sama 24 jam. Toh urusan kita tidak pernah sama. Kalau urusan mengukur “produktif” bagi mereka yang bekerja menetap dengan gaji bulanan, biasanya jauh lebih mudah. Di setiap institusi pemerintah atau non pemerintah, umumnya sudah ada aturan dan ketentuannya. Standar untuk memeriksanya pun sudah ada batas minimal yang harus dipenuhi.

Bagaimana untuk mengukur produktivitas kerja freelancer atau mereka yang bekerja di ranah informal? Jawabannya tergantung pada masing-masing orang. Bagaimana cara seseorang mengukur produktivitasnya, cenderung berhubungan dengan karakter pribadi dan keperluan hidupnya.

Mereka yang memiliki keperluan hidup lebih banyak dalam hidupnya, bekerja sebagai freelancer justru akan memompa kemampuan atau kapasitas terbaiknya. Mereka akan menghasilkan banyak, sehingga hasil kerjanya dapat dikomersialkan. Arti dari dikomersialkan berarti dapat dikonversikan dengan uang atau sejenis yang dapat dipertukarkan secara ekonomis (emas, ternak, sawah, tanah, hak eksploitasi, dollar Singapura atau Amerika, hak kelola, dll).

 Baca Juga: Urus SIM Internasional Bisa Via Online

Sebagai freelancer, menyadari bahwa saya bukan orang gajian tiap bulan ---bisa berulang kali menerima fee, honor, royaltie, share hasil, dll dalam jumlah besar, tapi juga bisa dalam masa tertentu saya hanya mendapat penghasilan tidak besar. Oleh karena itu, manajemen duit saya kudu bener.

Bukan berarti saya tidak menikmati hidup lho. Hidup saya sangat baik dan happy sesuai dengan standar pribadi. Saya hidup sewajarnya sepatutnya orang hidup. Itu pun ya sudah jauh di atas rata-rata kebanyakan orang. Saya nyaris tidak berkonflik dengan pengaturan uang pribadi.

Halaman:

Editor: Hilda Arief

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seragam Sekolah

Senin, 8 Agustus 2022 | 07:25 WIB

Doddyansyah, Manajer BCL Positif Narkoba

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 12:52 WIB

Manajer Artis BCL Ditangkap Terkait Kasus Narkoba

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 09:41 WIB

Yuk! Berburu Emas di Bazar Emas Pegadaian

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 09:17 WIB

Tantangan Freelancer

Kamis, 4 Agustus 2022 | 18:14 WIB

Tabungan Emas

Senin, 1 Agustus 2022 | 07:21 WIB

Sok Sibuk Atau Produktif?

Jumat, 29 Juli 2022 | 12:04 WIB
X