• Jumat, 12 Agustus 2022

Kabupaten Lany Jaya Papua Alami Bencana Kekeringan, Pemerintah Aktfikan Posko Penanganan Daurat

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:52 WIB
Kondisi kekeringan terjadi di Distrik Kwiyawagi, yang meliputi Kampung Luarem, Jugu Nomba, Uwome dan Tumbubur, Kabupaten (Pemkab) Lanny Jaya, Provinsi Papua.  (BPBD Provinsi Papua)
Kondisi kekeringan terjadi di Distrik Kwiyawagi, yang meliputi Kampung Luarem, Jugu Nomba, Uwome dan Tumbubur, Kabupaten (Pemkab) Lanny Jaya, Provinsi Papua. (BPBD Provinsi Papua)

PenaBicara.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lanny Jaya, Provinsi Papua, bersama TRC BNPB mengaktifkan pos komando (posko) penanganan darurat bencana kekeringan pada hari ini, Jumat 5 Agustus 2022.

Bencana kekeringan ini terjadi setelah cuaca ekstrem sejak Juni 2022 lalu, yang diawali dengan adanya embun beku dan hujan es.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua selanjutnya menginformasikan bencana kekeringan tersebut berakibat pada gagal panen masyarakat setempat.

Baca Juga: Senjata Yang Digunakan Bharada E Saat Baku Tembak Dengan Brigadir J Didalami Komnas HAM

Situasi dapat diperburuk dengan cuaca tanpa hujan sehingga berdampak pada krisis kekeringan.

Dikutip dari laman resmi BNPB, Pemkab Lanny Jaya telah menetapkan status tanggap darurat dengan Nomor 100/157/BUP, terhitung mulai tanggal 24 Juli hingga 30 Agustus 2022.

Di samping itu Bupati Lanny Jaya juga membentuk Posko Penanganan Darurat Bencana Alam Embun Beku dan Hujan Es melalui Surat Keputusan Nomor 197 Tahun 2022.

Baca Juga: Hambat Kasus Brigadir J, 4 Polisi Ditempatkan di Tempat Khusus

Berdasarkan catatan historis, Pemkab Lanny memperkirakan kondisi ini dapat berlangsung selama 5 bulan. Hal tersebut merefleksikan peristiwa serupa yang pernah terjadi pada 2016 silam.

Wilayah yang berpotensi terdampak yaitu di Distrik Kwiyawagi, yang meliputi Kampung Luarem, Jugu Nomba, Uwome dan Tumbubur.

Halaman:

Editor: Megawati

Sumber: bnpb.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ferdy Sambo Akui Rekayasa Kematian Brigadir J

Jumat, 12 Agustus 2022 | 07:05 WIB

Presiden Jokowi Ingatkan Petani Rawat Kelapa Genjah

Jumat, 12 Agustus 2022 | 06:40 WIB

Komnas HAM Akui Tak Tega Bharada E Jadi Tersangka

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:13 WIB

Polisi Masih Dalami Motif Pembunuhan Brigadir J

Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:48 WIB
X