• Jumat, 12 Agustus 2022

Urus SIM Internasional Bisa Via Online

- Jumat, 29 Juli 2022 | 11:06 WIB
Membuat SIM Internasional bisa dilakukan secara online (siminternasional.korlantas.polri.go.id)
Membuat SIM Internasional bisa dilakukan secara online (siminternasional.korlantas.polri.go.id)


PenaBicara.com - Korlantas Polri terus melakukan upaya untuk mempermudah proses pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi Internasional (SIM) Internasional seiring dengan perkembangan teknologi.

Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol Trijulianto Djati Utomo menjelaskan, seiring perkembangan jaman dan kemajuan teknologi informasi di 4.0, pembuatan SIM Internasional bisa melalui aplikasi SIM Online presisi atau SINAR.

“Jadi bagi pemohon SIM khususnya warga negara Indonesia yang di luar negeri tinggal mengupload persyaratan mengikuti apa yang di dalam aplikasi online itu, kemudian bisa langsung dikirimkan rumah pemohon,” ujarnya dikutip dari laman Polri, Jumat 29 Juli 2022.

Baca Juga: Angin Puting Beliung, Satu Warga Serdang Bedagai Meninggal Tertimpa Pohon

“Jadi tidak perlu lagi datang capek-capek menunggu tetapi memang mereka langsung bisa dilayani, dan tentunya ini di latar belakangi karena kita punya tujuan untuk mempermudah pelayanan dalam pengurusan SIM Internasional untuk masyarakat, agar mudah, cepat, terukur dan berbasis teknologi informasi,” tambahnya.

Ia menambahkan, inovasi yang dilakukan oleh Korlantas Polri menyesuaikan dengan apa yang sudah dilakukan saat pandemi Covid-19 terkait aturan social distancing.

“Selain untuk mempermudah juga tidak perlu masyarakat yang akan membuat SIM Internasional atau memperpanjang itu tidak perlu datang ke Kantor Subdit Sim Ditregident Korlantas Polri”, paparnya.

Baca Juga: Apresiasi Citayam Fashion Week, Puan Maharani Minta Pemerintah Daerah Perbanyak Ruang Publik

"Meski begitu, bagi WNI yang ada di luar negeri yang ingin perpanjang SIM Internasional, prosedurnya memang kita harus mengakses. Kemudian nanti juga untuk pemohon harus medaftarkan registrasi untuk akunnya, baik email dan hal-hal kebutuhan lainnya segala macam. Kalau sudah proses registrasi itu sudah betul-betul clear, pemohon sudah dapat mengaksesnya untuk memperpanjang SIM Internasional”, jelasnya.

Bagi yang ingin membuat SIM Internasional, khususnya bagi WNI yang berada di luar negeri dapat memperpanjang masa berlaku SIM Internasional melalui layanan secara online dengan cara mengakses siminternasional.korlantas.polri.go.id.***

Halaman:

Editor: Megawati

Sumber: humas.polri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komnas HAM Akui Tak Tega Bharada E Jadi Tersangka

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:13 WIB

Polisi Masih Dalami Motif Pembunuhan Brigadir J

Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:48 WIB
X