• Selasa, 29 November 2022

Inovasi Minyak Makan Merah Jadi Alternatif Pencegahan Stunting

- Jumat, 8 Juli 2022 | 13:29 WIB
Presiden Jokowi meninjau proses penelitian Minyak makan merah di PPKS, Kampung Baru, Kota Medan, Kamis 7 Julo 2022. ( Foto: BPMI Setpres/Kris)
Presiden Jokowi meninjau proses penelitian Minyak makan merah di PPKS, Kampung Baru, Kota Medan, Kamis 7 Julo 2022. ( Foto: BPMI Setpres/Kris)

PenaBicara.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau proses penelitian Minyak makan merah di Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), Kampung Baru, Kota Medan, Kamis 7 Juli 2022.

Minyak makan merah sendiri merupakan inovasi minyak sawit yang berpotensi digunakan sebagai pangan fungsional dalam membantu pencegahan stunting atau kekerdilan dari masyarakat.

Minyak makan merah ini tidak hanya bisa berfungsi untuk menggoreng, tapi bisa juga untuk suplemen untuk membantu masyarakat kita dari stunting karena nilai gizi dari minyak makan merah ini sangat besar dibanding dengan minyak goreng yang beredar di pasaran,” ujar Kepala PPKS Edwin Lubis dalam keterangannya.

Baca Juga: Eks Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Ditembak Saat Berpidato

Menurut Edwin, keunggulan dari minyak makan merah tersebut terletak pada nilai gizi dan kandungan pro-vitamin A dan E yang lebih tinggi dari minyak goreng pada umumnya.

Dalam pengolahannya, Edwin menyebut, PPKS menggunakan teknologi sederhana dengan mempertahankan nutrisi di dalamnya.

“Keunggulan dari minyak makan merah ini adalah gizi atau kandungan vitamin A dan vitamin E lebih tinggi karena kita mengutamakan nutrisi dalam pengolahannya,” lanjutnya.

Baca Juga: Pemkot Sorong dan RSUD Sele Be Solu Deklarasi Komitmen Bersama Jelang Akreditasi Rumah Sakit

Edwin menjelaskan bahwa produksi minyak makan merah ini dapat dikembangkan oleh koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) karena nilai investasi yang lebih kecil dibandingkan pabrik minyak goreng komersial.

Selain itu, Edwin menyebut biaya logistik dari produksi minyak makan merah ini juga kecil.

Halaman:

Editor: Megawati

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Operasi Pencarian Korban Gempa Cianjur Diperpanjang

Senin, 28 November 2022 | 12:34 WIB

BMKG: Ada 248 Gempa Susulan Terjadi di Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 16:26 WIB

DPO Korupsi Bank Jateng Giki Argadiraksa Ditahan

Sabtu, 26 November 2022 | 14:15 WIB
X