• Selasa, 28 Juni 2022

Dibuka Wamenag, Pesparawi Nasional Digelar di Prambanan

- Selasa, 21 Juni 2022 | 14:30 WIB
Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi saat membuka Pesparawi di Prambanan. (sumber: Kemenag)
Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi saat membuka Pesparawi di Prambanan. (sumber: Kemenag)


PenaBicara.com - Kemenag kembali menggelar Pesta Paduan Suara Gerejawi atau Pesparawi Nasional. Kali ini, ajang tahunan Ditjen Bimas Katolik itu digelar di komplek kawasan Candi Prambanan Yogyakarta.

Pesparawi Nasional XIII dibuka Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid. Menurutnya, Pesparawi memiliki makna ganda, baik dalam membangun hubungan interen umat Kristiani sendiri, maupun dalam membangun hubungan antarumat beragama di Indonesia.

"Dalam konteks interen umat Kristiani, kegiatan Pesparawi Nasional yang diikuti oleh gereja-gereja dari berbagai aliran dan denominasi menjadi sarana membangun kerukunan intern umat Kristiani," kata Wamenag saat pembukaan Pespawari XIII, di Yogyakarta, Senin 20 Juni 2022  malam.

Baca Juga: Jelang Idul Adha,Kasus Covid -19 Dikabarkan Naik Lagi?Hoax Atau Bukan Ya,Simak Sampai Selesai!

"Dalam konteks masyarakat majemuk, Pesparawi dapat memberikan sumbangsih besar dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air, nasionalisme dan mengembangkan kerukunan hidup antar umat beragama di Indonesia," tambahnya.

Wamenag menilai, Pesparawi menjadi salah satu implementasi moderasi beragama. Sebab, dalam Pesparawi sekat-sekat dan dinding pemisah dikesampingkan dan digantikan dengan kasih persaudaraan.

Nuansa itu semakin kentara seiring digelarnya Perparawi ke XIII di komplek kawasan Candi Prambanan Yogyakarta, candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 M.

Baca Juga: Pesantren yang Serupa Khilafatul Muslimin di Bekasi Akan Ditertibkan

Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada sekat dan dinding pemisah antar umat beragama, tapi justru ada jembatan yang menghubungkan antarumat beragama yang dilandasi sikap saling menghormati dan memuliakan.

Menurutnya, moderasi beragama merupakan langkah besar untuk menumbuhkan toleransi di dalam kehidupan bermasyarakat.

Halaman:

Editor: Megawati

Sumber: Kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MUI Putuskan Vaksin Merah Putih Suci dan Halal

Senin, 27 Juni 2022 | 16:06 WIB

Waspada! Modus Penipuan Transfer Dana LinkAja

Minggu, 26 Juni 2022 | 19:40 WIB
X