• Selasa, 28 Juni 2022

Indonesia-Rusia Segera Jalin Kerja Sama Jaminan Produk Halal

- Selasa, 21 Juni 2022 | 11:15 WIB
Kepala BPJPH Kemenag Aqil Irham (berkacamata) menyambut kedatangan perwakilan Pemerintah Rusia untuk membahas kerja sama jaminan produk halal.  (Sumber: Kemenag)
Kepala BPJPH Kemenag Aqil Irham (berkacamata) menyambut kedatangan perwakilan Pemerintah Rusia untuk membahas kerja sama jaminan produk halal. (Sumber: Kemenag)

PenaBicara.com - Pemerintah Indonesia dan Rusia segera merealisasikan kerja sama bidang Jaminan Produk Halal (JPH).

Rencana ini tercetus dalam pertemuan antara Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag Muhammad Aqil Irham dengan Kepala Federal Accreditation Service Rusia Nazarii Skrypnik, di Kantor BPJPH, Senin 20 Juni 2022.

Dalam pertemuan tersebut Kepala BPJPH, Muhammad Aqil Irham mengapresiasi antusiasme Rusia untuk merealisasikan kerjasama JPH. Ia memaparkan, saat ini kebijakan halal di Indonesia sudah menjadi mandatori bukan lagi voluntari. 

Baca Juga: Antisipasi Ancaman Krisis Pangan, Presiden Jokowi Minta Jajaran Fokuskan Tiga Hal

“Maka perjanjian kerjasama dengan Rusia ini membantu kami (Indonesia) untuk terus mensosialisasikan kewajiban sertifikasi halal, hal ini (MoU) sangat memungkinkan untuk segera kita lakukan,” terang Aqil, dikutip dari laman resmi Kemenag, Selasa 21 Juni 2022.

Saat ini, berdasarkan data yang dimiliki BPJPH hingga 20 Juni 2022, sebanyak 88 Lembaga Halal Luar Negeri (LHLN) dari 35 negara berbagai belahan dunia telah mendaftar pada laman ptsp.halal.go.id. 

Sementara Kepala Federal Accreditation Service Rusia Nazarii Skrypnik menjelaskan bahwa Rusia menginginkan kerjasama untuk segera dilakukan. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Instruksikan Jajaran Antisipasi Krisis Pangan dan Energi

Menurutnya, Rusia merupakan salah satu dari 5 negara teratas eksportir produk halal di dunia.

"Rusia ingin mengetahui secara detail bagaimana proses MoU (Memorandom of Understanding) dan MRA (Mutual Recognition Agreements) Jaminan Produk Halal di Indonesia dan kami berharap dapat dilakukan sesegera mungkin,” jelas Nazarii. 

Halaman:

Editor: Megawati

Sumber: Kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MUI Putuskan Vaksin Merah Putih Suci dan Halal

Senin, 27 Juni 2022 | 16:06 WIB

Waspada! Modus Penipuan Transfer Dana LinkAja

Minggu, 26 Juni 2022 | 19:40 WIB
X