• Jumat, 12 Agustus 2022

Polisi: Khilafatul Muslimin Yayasan yang Bertentangan dengan Pancasila

- Kamis, 16 Juni 2022 | 17:15 WIB
Dirkrimum Kombes Pol Hengki Haryadi beri keterangan terkai penyidikan Khilafatul Muslimin. (Foto: PMJ/Fajar)
Dirkrimum Kombes Pol Hengki Haryadi beri keterangan terkai penyidikan Khilafatul Muslimin. (Foto: PMJ/Fajar)

PenaBicara.com - Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Metro Jaya mengungkap hasil penyelidikan yang dilakukan bersama pihak-pihak terkait dalam pemeriksaan lebih lanjut kelompok Khilafatul Muslimin.

Disampaikan Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Kombes Pol Hengki Haryadi, hasil penyelidikan yang dilakukan akan mengungkap setiap tersangka orma Khilafatul Muslimin yang telah ditahan dan potensial tersangka lainnya.

“Ada suatu yang lebih besar lagi yang harus diungkap, dimana ini menyangkut suatu organisasi. Dalam penyelidikan, kami temukan adanya perbuatan melawan hukum (pada Khilafatul Muslimin), adanya pidana. Tidak hanya sebagai personal, tetapi dalam suatu organisasi,” ungkap Hengki dalam konferensi pers, Kamis 16 Juni 2022 di Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Belasan Rumah dan Satu Jembatan Amblas Akibat Abrasi di Minahasa Selatan

Hengki menjelaskan, dalam temuannya kelompok atau organisasi masyarakat (ormas) Khilafatul Muslimin memiliki badan hukum yayasan.

Dalam UU ormas, yayasan merupakan bagian dari ormas itu sendiri, yaitu yang pertama perkumpulan dan yang kedua yayasan.

“Dan ternyata yayasan ini juga memiliki kaitan dengan kantor pusat yang ada di Lampung. Oleh karenanya kami konstruksikan pasal terkait dengan UU ormas yaitu (Khilafatul Muslimin) suatu organisasi masyarakat yang menganut (dan) mengembangkan paham yang bertentangan dengan Pancasila,” kata Hengki.

Baca Juga: Jemaah Haji Kloter 1 Aceh Bernama Muslim Wafat Jelang Mendarat di Madinah

“Dan juga kami konstuksikan juga dengan UU No 1 tahun 46 yaitu terkait penyampaian berita bohong yang bisa menimbulkan keonaran,” tutupnya seperti dikutip dari laman PMJnews.***

Editor: Megawati

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komnas HAM Akui Tak Tega Bharada E Jadi Tersangka

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:13 WIB

Polisi Masih Dalami Motif Pembunuhan Brigadir J

Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:48 WIB
X