• Jumat, 12 Agustus 2022

Kemenag: Pesantren Khilafatul Muslimin Tidak Terdaftar di Kementerian Agama

- Rabu, 15 Juni 2022 | 09:36 WIB
Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Waryono Abdul Ghofur menyebutkan tidak ada pesantren Khilafatul Muslimin.  (Sumber: Kemenag)
Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Waryono Abdul Ghofur menyebutkan tidak ada pesantren Khilafatul Muslimin. (Sumber: Kemenag)

PenaBicara.com - Polda Metro Jaya mengungkap 30 sekolah di Indonesia terafiliasi ajaran Khilafatul Muslimin.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren), Waryono menegaskan bahwa Pesantren Khilafatul Muslimin tidak terdaftar di Kementerian Agama.

Pesantren Khilafatul Muslimin tidak terdaftar di Kemenag dan tidak memiliki Nomor Statistik Pesantren atau Lembaga Keagamaan Islam,” tegas Waryono di Jakarta, Selasa 14 Juni 2022 dikutip dari laman resmi Kemenag

Baca Juga: Jangan Panik! Kenaikan Tarif Listrik Diperuntukkan Untuk 5 Golongan Pelanggan, Berikut Daftar Golongannya

Menurutnya, berdasarkan hasil pengawasan Kanwil Kemenag Lampung, Khilafatul Muslimin merupakan ormas, bukan satuan pendidikan.

Jika ada indikasi Khilafatul Muslimin juga mengelola satuan pendidikan, dipastikan bahwa sampai saat ini tidak ada pengajuan izin operasionalnya, baik di tingkat Kankemenag Kabupaten/Kota, Kanwil Kemenag Provinsi, maupun Pusat.

Pesantren yang terdaftar di Kemenag telah melewati serangkaian verifikasi yang ketat, mulai dari Kemenag Kab/Kota, Kanwil Provinsi hingga Pusat. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Agama No 30 tahun 2020 tentang Pendidikan Pesantren,” terang Waryono.

Baca Juga: Revitalisasi Kawasan Gresik Kota Lama (GKL) Ditargetkan Rampung Pada Agustus 2022

Pesantren juga harus memenuhi Arkanul Ma’had dan Ruuhul Ma’had sebagaimana diatur dalam PMA 30 tahun 2020 tentang Pendidikan Pesantren,” lanjutnya.

Kemenag Pusat, Kanwil, dan Kab/Kota, kata Waryono, terus bersinergi dalam melakukan pemantauan dan pengawasan pesantren yang terdaftar di Kemenag

Halaman:

Editor: Megawati

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ferdy Sambo Akui Rekayasa Kematian Brigadir J

Jumat, 12 Agustus 2022 | 07:05 WIB

Presiden Jokowi Ingatkan Petani Rawat Kelapa Genjah

Jumat, 12 Agustus 2022 | 06:40 WIB

Komnas HAM Akui Tak Tega Bharada E Jadi Tersangka

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:13 WIB

Polisi Masih Dalami Motif Pembunuhan Brigadir J

Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:48 WIB
X