• Jumat, 12 Agustus 2022

Banjir dan Longsor Landa Kulon Progo, Belasan Warga Mengungsi

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 07:56 WIB
BPBD Kabupaten Kulon Progo bersama tim gabungan telah melakukan kaji cepat di lokasi kejadian pasca banjir dan tanah longsor di Kabupaten Kulon Progo.  (BPBD Kabupaten Kulon Progo)
BPBD Kabupaten Kulon Progo bersama tim gabungan telah melakukan kaji cepat di lokasi kejadian pasca banjir dan tanah longsor di Kabupaten Kulon Progo. (BPBD Kabupaten Kulon Progo)

PenaBicara.com – Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB menerima laporan adanya banjir dan longsor yang terjadi di Kabupaten Kulon Progo tepatnya di Kecamatan Kokap Kelurahan Kalirejo, Dukuh Plampang 2 pada Kamis, 2 ei 2022 Pukul 17.00 WIB.

Akibatnya sebanyak 3 Kepala Keluarga (KK) atau 12 orang mengungsi karena rumah mereka terdampak longsor dan banjir

Dikutip dari laman resmi BNPB, kejadian banjir dan tanah longsor yang disebabkan tingginya curah hujan tersebut juga mengakibatkan satu unit sekolah terdampak. Selain itu, dampak lain yakni akses jalan kabupaten tertutup material longsor.

Baca Juga: Bareskrim Gandeng PPATK Blokir Rekening Berisi Rp70 M Milik Tersangka Kasus Fahrenheit

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulon Progo bersama tim gabungan telah melakukan kaji cepat di lokasi kejadian, evakuasi warga terdampak dan memberikan bantuan logistik kepada korban.

Sementara itu, Pemerintah Daerah Kulon Progo bersama Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) juga telah meninjau lokasi untuk tindak lanjut dan penanganan.

Kondisi terkini di lokasi, jalan kabupaten sementara belum dapat dilewati kendaraan roda dua maupun empat dikarenakan masih terdapat material di jalan.

Baca Juga: Polri Imbau Laki-Laki Tak Malu Melapor Jika Alami Kekerasan Seksual

Warga yang rumahnya berada di area lokasi longsor diharapkan tetap waspada jika ada banjir dan longsor susulan apabila hujan kembali turun.

Sementara itu berdasarkan analisis inaRISK, kabupaten Kulon Progo teridentifikasi memiliki 9 kecamatan yang berpotensi sedang hingga tinggi bahaya tanah longsor dengan total luas bahaya sebanyak 22.749 hektar.

Halaman:

Editor: Megawati

Sumber: bnpb.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komnas HAM Akui Tak Tega Bharada E Jadi Tersangka

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:13 WIB

Polisi Masih Dalami Motif Pembunuhan Brigadir J

Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:48 WIB
X