• Selasa, 29 November 2022

Cegah Baiat Massal ISIS, Densus 88 Awasi Kegiatan Jaringan Teroris

- Jumat, 20 Mei 2022 | 08:23 WIB
Kabagbanops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol Aswin Siregar mengatakan, belum ada indikasi ISIS melakukan proses baiat massal di Indonesia. (Sumber: Humas Polri)
Kabagbanops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol Aswin Siregar mengatakan, belum ada indikasi ISIS melakukan proses baiat massal di Indonesia. (Sumber: Humas Polri)

PenaBicara.com - Densus 88 Antiteror Polri mengawasi ketat jaringan teroris di Indonesia untuk mencegah baiat massal kepada pemimpin baru Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Abu Hassa al-Hashemi al-Qurashi.

Kabagbanops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol Aswin Siregar mengatakan, belum ada indikasi ISIS melakukan proses baiat massal di Indonesia. Namun, Aswin mengungkap ada proses baiat dilakukan oleh perorangan atau kelompok.

"Tidak ada baiat massal yang kami pantau selama ini. Densus 88 terus memonitor hal ini," kata Aswin di Jakarta, Rabu 18 Mei 2022 dikutip dari laman resmi Humas Polri.

Baca Juga: Satu Terduga Teroris MIT Serahkan Diri ke Polisi

Aswin menjelaskanm baiat merupakan penanda bahwa seseorang masuk dalam keanggotaan kelompok.

"Aturan dalam undang-undang tersebut dikenakan di antaranya pemufakatan jahat dengan maksud teror sebagai mana diatur dalam Pasal 15 juncto Pasal 7 Undang-Undang Terorisme," sambungnya.

Lebih lanjut, Aswin menyebut proses baiat kepada pemimpin baru ISIS tersebut dilakukan sejumlah tersangka anggota kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso yang ditangkap di tiga wilayah berbeda.

Baca Juga: Apa Ramalan Zodiakmu Hari Ini?Jumat, 20 Mei 2022 Semangat Menjalani Aktivitas!

Dia menegaskan akan terus mengawasi kegiatan kelompok itu.

"Monitoring kegiatan kelompok atau jaringan terorisme yang dilaksanakan Densus 88 tidak pernah putus. Kami melakukannya setiap 24 jam, 7 hari dalam seminggu," kata Aswin.

Halaman:

Editor: Megawati

Sumber: humas.polri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Operasi Pencarian Korban Gempa Cianjur Diperpanjang

Senin, 28 November 2022 | 12:34 WIB

BMKG: Ada 248 Gempa Susulan Terjadi di Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 16:26 WIB

DPO Korupsi Bank Jateng Giki Argadiraksa Ditahan

Sabtu, 26 November 2022 | 14:15 WIB
X