• Selasa, 24 Mei 2022

Menkes Sebut Hepatitis Akut Menular Melalui Makanan dan Mulut

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 14:20 WIB
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran hepatitis akut.  (kemkes.go.id)
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran hepatitis akut. (kemkes.go.id)

PenaBicara.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menerangkan penyakit hepatitis akut menular melalui makanan dan mulut. Menkes mengimbau masyarakat agar selalu menjaga kebersihannya.

Menurut Menkes, dengan munculnya penyakit hepatitis akut misterius pada anak-anak di dunia, sekarang sudah masuk ke Tanah Air.

Menkes membeberkan, hepatitis akut menyerang anak-anak usia di bawah 16 tahun.

Baca Juga: Imunisasi Anak Akan Terdata Digital di Aplikasi PeduliLindungi, Tidak Perlu Khawatir Hilang

"Virus ini menular melalui asupan makanan yang lewat mulut. Jadi, kalau bisa rajin cuci tangan,”saran Menkes, dikutip dari laman pmjnews.com, Sabtu 14 Mei 2022.

“Kita pastikan apa yang masuk ke anak-anak kita bersih, karena menyerang di bawah 16 tahun lebih banyak lagi di bawah lima tahun," tambahnya.

Lebih jauh, ia menjelaskan, ciri-ciri penyakit hepatitis akut. Pertama, ditandai dari demam dan tingginya indikator serum glutamic oxaloacetic transaminase (SGOT) dan serum glutamic pyruvic transaminase (SGPT).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Hentikan Perang di Ukraina Sekarang Juga

"SGPT dan SGOT itu normalnya di level 30-an. Kalau sudah naik agak tinggi lebih baik refer ke fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan) terdekat," tandasnya.***

Editor: Megawati

Sumber: pmjnews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yan Permenas Imbau Masyarakat Papua Sambut DOB

Senin, 23 Mei 2022 | 14:19 WIB

Indonesia Peringkat Tiga SEA Games 2021 Vietnam

Senin, 23 Mei 2022 | 13:48 WIB
X