• Selasa, 24 Mei 2022

Waspadai Tanda - tanda Diabetes Pada Anak,Simak Ulasan Berikut!

- Rabu, 11 Mei 2022 | 19:43 WIB
Ancaman Diabetes terhadap anak - anak dan remaja (Ahmad Hafidz Zaini)
Ancaman Diabetes terhadap anak - anak dan remaja (Ahmad Hafidz Zaini)

Penabicara.com - Menurut Federasi Diabetes Internasional (IDF), diperkirakan 1,1 juta anak-anak dan remaja (di bawah usia 20) saat ini hidup dengan diabetes tipe 1 di seluruh dunia. Lebih dari 132.000 anak dan remaja didiagnosis dengan diabetes tipe 1 setiap tahunnya.

Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis ketika pankreas tidak membuat cukup insulin atau tubuh Anda gagal menggunakannya secara efisien. Hal ini menyebabkan kadar gula darah melonjak.

Adapun, glukosa darah adalah sumber energi utama dan berasal dari makanan yang dikonsumsi, sedangkan insulin adalah hormon yang membantu glukosa darah masuk ke sel dan mengubahnya menjadi energi.

Baca Juga: Audensi Dengan Kapolda Jateng,Walubi dan Permabudhi Resmi Gelar Perayaan Waisak Nasional 16 Mei 2022

Apabila tubuh tidak membuat cukup insulin atau tidak menggunakannya secara produktif, maka glukosa tetap berada dalam aliran darah sehingga menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Ada dua jenis diabetes, yaitu Tipe 1 dan Tipe 2:

• Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun ketika pankreas menghasilkan sedikit atau tidak ada insulin. Ini menyebabkan sistem kekebalan menyerang sel-sel di pankreas yang mencegah produksi hormon secara alami.

Baca Juga: Polri Duga Kuat 3 dari 5 WNI Fasilitator Keuangan ISIS Ada di Suriah

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) menyatakan bahwa diabetes tipe 1 lebih sering terjadi pada anak-anak, remaja, dan dewasa muda.

Halaman:

Editor: Ahmad Hafidz Zaini

Sumber: whatsapp

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yan Permenas Imbau Masyarakat Papua Sambut DOB

Senin, 23 Mei 2022 | 14:19 WIB

Indonesia Peringkat Tiga SEA Games 2021 Vietnam

Senin, 23 Mei 2022 | 13:48 WIB
X