• Jumat, 12 Agustus 2022

Banjir Landa Tiga Kecamatan Di Purwakarta, Akses Jalan Pemukiman Warga Rusak

- Jumat, 6 Mei 2022 | 10:35 WIB
 BPBD Kabupaten Purwakarta bersama tim gabungan melakukan kaji cepat dan perbaikan pada akses jalan pemukiman warga yang mengalami kerusakan akibat banjir, Rabu 4 Mei 2022.  (BPBD Kabupaten Purwakarta)
BPBD Kabupaten Purwakarta bersama tim gabungan melakukan kaji cepat dan perbaikan pada akses jalan pemukiman warga yang mengalami kerusakan akibat banjir, Rabu 4 Mei 2022. (BPBD Kabupaten Purwakarta)

PenaBicara.com - Bencana banjir melanda tiga kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Dikutip dari laman resmi Humas BNPB, banjir terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi yang menyebabkan aliran Sungai Cikao meluap pada Rabu 4 Mei 2022 pukul 18.00 waktu setempat.

Tiga kecamatan terdampak banjir tersebut meliputi Kecamatan Babakan Cikao (Desa Kadu Mekar), Kecamatan Pondoksalam (Desa Sukajadi) dan Kecamatan Wanayasa (Desa Wanayasa).

Baca Juga: 4 Cara Mudah Menghilangkan Lemak Perut Setelah Lebaran

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purwakarta bersama tim satuan tugas gabungan yang terdiri dari SAR, TNI, Polri dan relawan lokal setempat membantu evakuasi warga yang terjebak banjir sebanyak 12 KK ke kediaman kerabat terdekat dan di Aula Kecamatan Babakan Cikao.

BPBD Kabupaten Purwakarta juga mencatat sebanyak tujuh unit rumah terdampak dan akses jalan pemukiman warga mengalami kerusakan.

BPBD bersama aparat desa, Babinsa dan tim PLN melakukan kaji cepat ke lokasi terdampak termasuk pada akses jalan pemukiman warga yang mengalami kerusakan untuk segera dilakukan penanganan darurat sehingga jalan tersebut dapat berfungsi kembali sebagai akses mobilitas warga setempat.

Baca Juga: Apa Ramalan Zodiakmu Hari Ini? Jumat, 6 Mei 2022 Semangat Menjalani Aktivitas!

Kondisi terkini,5 Mei 2022 banjir sudah mulai surut dan BPBD setempat terus melakukan koordinasi terkait percepatan penanganan pascabanjir.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu siang hingga malam hari yang berlaku mulai tanggal 5 sampai 7 Mei 2022 untuk beberapa wilayah di Provinsi Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Megawati

Sumber: bnpb.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komnas HAM Akui Tak Tega Bharada E Jadi Tersangka

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:13 WIB

Polisi Masih Dalami Motif Pembunuhan Brigadir J

Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:48 WIB
X