• Selasa, 24 Mei 2022

Guru PPPK Masih Hadapi Masalah, DPR: Terutama Yang Berasal Dari Sekolah Swasta

- Kamis, 20 Januari 2022 | 07:37 WIB
Foto bersama guru SMP Negeri Babo saat memperingati Hari Guru Nasional 2021. (Foto:Megawati/PenaBicara)
Foto bersama guru SMP Negeri Babo saat memperingati Hari Guru Nasional 2021. (Foto:Megawati/PenaBicara)

PenaBicara.com - Para guru honorer yang sudah resmi diterima sebagai Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK), terutama yang berasal dari sekolah swasta masih menghadapi masalah.

Pasalnya, setelah menjadi PPPK, wajib mengabdi di sekolah negeri dan meninggalkan sekolah asalnya. Ternyata, para guru PPPK itu tidak sepenuhnya bahagia, karena harus meninggalkan sekolah swasta tempat mengabdinya.

Para guru PPPK itu harus beradaptasi lagi dengan lingkungan baru. Diharapkan para guru PPPK itu, tetap diperkenankan mengajar di sekolah swasta asalnya.

Baca Juga: Sambut G20, Taman Mini Indah Indonesia Jakarta Bakal Dipercantik

Persoalan ini disampaikan Anggota Komisi X DPR RI Mujib Rohmat saat mengikuti rapat kerja Komisi X dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Rabu 19 Januari 2022.

“Para honorer yang diterima sebagai PPPK tidak semuanya senang. Baru separuh senangnya. Tapi ketika dia tahu harus lepas dari sekolahnya, dia tidak tega dengan yayasan dan teman-temannya yang bersama mereka,"ujarnnya.

"Lalu mereka yang lolos itu juga akan menggeser teman-teman honorer di negeri. Mereka merasa tidak enak. Jadi, di sisi lain senang, tapi di lain sisi merasa tidak enak," tambah Anggota F-PG DPR RI itu.

Baca Juga: Nikmati Perjalanan DAMRI Jakarta - Surabaya - Malang dengan Royal Class, Tempat Duduk Lebih Besar

Disampaikan Mujib, banyak keluhan dari para guru PPPK yang diterimanya. Mayoritas menuntut bisa tetap mengajar di swasta, tanpa meninggalkan kewajibannya mengajar di sekolah negeri.

Halaman:

Editor: Megawati

Sumber: dpr.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yan Permenas Imbau Masyarakat Papua Sambut DOB

Senin, 23 Mei 2022 | 14:19 WIB

Indonesia Peringkat Tiga SEA Games 2021 Vietnam

Senin, 23 Mei 2022 | 13:48 WIB
X