• Selasa, 24 Mei 2022

Jangan Panik dan Kenali Mutasi Omicorn, Ini Penjelasannya !

- Kamis, 2 Desember 2021 | 06:34 WIB
dr. Reisa Broto Asmoro  (Tangkap layar/Youtube Kemkominfo )
dr. Reisa Broto Asmoro (Tangkap layar/Youtube Kemkominfo )

PenaBicara.com – Mutasi dari virus Sars Cov-2 kembali ditemukan dan menjadi perhatian khusus di seluruh dunia. Mutasi varian tersebut diberi nama Omicron dan masih dikaji lebih lanjut perkembangannya.

Satgas Covid-19 kembali menggelar siaran pers mengenai perkembangan dan upaya penangan Covid-19 di Indonesia secara hybrid yaitu online dan juga offline pada hari Rabu, 01 Desember 2021.

“Dalam kesempatan ini saya ingin menekankan kembali apa yang kita ketahui dan tidak kita ketahui mengenai varian terbaru ini (omicron),” Kata dr. Reisa Broto Asmoro selaku Jubir Pemerintah Untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Alam di Semarang yang Wajib Dikunjungi Ketika Libur Akhir Pekan

Varian omricon untuk pertama kali diketahui pada tanggal 24 November 2021 setelah ada laporan dari ilmuwan di Afrika Selatan yang menyatakan terdapat varian virus corona baru dengan varian jumlah mutasi lebih tinggi daripada yang ditemukan pada varian lain.

Dua hari kemudian 26 November 2021, World Health Organization (WHO) menyatakan varian baru yang dilaporkan disebut dengan Omicorn dan masuk ke dalam kategori varian yang wajib menjadi varian.

Menyadari akan suatu ancaman dan tantangan dalam upaya menanggapi Covid-19, Pemerintah Indonesia melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi agar varian tersebut tidak masuk ke dalam Indonesia dengan cara pemberlakuan pembatasan perjalanan dari negara-negara yang terdeteksi varian omicron.

Baca Juga: Satgas Terbitkan Edaran Pengaturan Aktivitas dan Mobilitas Masyarakat Selama Periode Nataru

“Untuk pertama kalinya dalam sejarah pandemi, semua respon dan antisipasi dilakukan dalam waktu yang singkat, dengan kesigapan yang tingkat tinggi di segala bidang,” Kata dr. Reisa.

Halaman:

Editor: Hilda Arief

Sumber: Kemkominfo TV

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yan Permenas Imbau Masyarakat Papua Sambut DOB

Senin, 23 Mei 2022 | 14:19 WIB

Indonesia Peringkat Tiga SEA Games 2021 Vietnam

Senin, 23 Mei 2022 | 13:48 WIB
X