• Jumat, 3 Desember 2021

Pelatihan Pembelajaran Tematik Digelar Untuk Meningkatkan Kualitas Guru

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 23:51 WIB
Kegiatan Mendikbudristek (DPP)
Kegiatan Mendikbudristek (DPP)
 
PenaBicara.com- Untuk meningkatkan kualitas guru SD angkatan ke 1, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial (PPPPTK PKn dan IPS), Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan pelatihan pembelajaran tematik terpadu berbasis karakter, mulai 25-30 Oktober 2021. Bertempat di The Aliante Hotel dan Convention.
 
Kepala PPPPTK PKn dan IPS, Dr. H.Subandi M.M mengatakan bekal kecakapan abad XXI yaitu; Learning Skill yang meliputi communication, collaboration, critical thinking and problem saving, serta creatif and innovative.
 
 
Selain itu, adanya literasi yang terdiri dari literasi bahasa, literasi numeric dan literasi budaya. Penguatan akhlak dan pendidikan karakter yang mencakup nilai religius, nasionalis, integritas, gotong royong dan mandiri.
 
Subandi menekankan kolaborasi sangat penting dilakukan oleh semua pihak. Silahkan saling berkolaborasi dalam berbagi ilmu, karena apabila ilmu dibagikan akan lebih bermanfaat.
Ia menjelaskan ada WFH, WFO tapi bagi Subandi ada juga WFA yaitu Work From Aniwhere bekerja atau mengajar dimana saja dan kapan saja.
 
Sebelumnya Ketua Panitya Hj. Juliasih, S.H mengatakan latar belakang diadakannya pelatihan ini yaitu PPPPTK PKN dan IPS sebagai Unit Pelaksana Teknis Kemendikbud Ristek yang memiliki tugas untuk meningkatkan kompetensi guru, merasa perlu untuk mewadahi kegiatan untuk meningkatkan kemampuan guru terutama guru Sekolah Dasar (SD). Dalam rangka merancang dan melaksanakan pembelajaran tematik yang baik serta mampu mewujudkan profil Pelajar Pancasila.
 
 
kegiatan Mendikbudristek (DPP)
 
Atas dasar inilah maka PPPPTK PKn dan IPS melaksanakan kegiatan Pelatihan Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Karakter Bagi Guru SD Angkatan 1.
Tujuan dari kegiatan ini adalah mensosialisasikan Kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi; Mensosialisasikan Pola Pelaksanaan Pelatihan Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Karakter; dan Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Merancang dan melaksanakan Pembelajaran Tematik Terpadu berbasis Karakter.
 
Harapannya, tersosialisasikannya Kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi tentang program PGP; tersosialisasikannya Pola Pelaksanaan Pelatihan Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Karakter; dan meningkatkan kompetensi Guru dalam merancang dan melaksanakan Pembelajaran Tematik Terpadu berbasis Karakter.
Metode yang digunakan meliputi paparan, tanya jawab, diskusi dan metode lain yang disesuaikan dengan kebutuhan kegiatan ini.
 
 
Peserta dalam kegiatan ini adalah Guru kelas jenjang SD dari seluruh Indonesia yang telah melakukan pendaftaran dan dinyatakan lolos sebagai peserta yang berjumlah 90 guru.
Narasumber dari pejabat Struktural PPPPTK PKN dan IPS, Jabatan Fungsional Tertentu PPPPTK PKN dan IPS, dan Widyaiswara PPPPTK PKN dan IPS.
Evaluasi oleh peserta dilaksanakan secara online melalui tautan google form yang akan dibagikan oleh Layanan Evaluasi pada akhir kegiatan.***
 

Editor: Henry Daniel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X