• Selasa, 19 Oktober 2021

Tahap Pertama Seleksi Guru PPPK memenuhi 53,7 Persen Formasi

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 20:41 WIB
Tes seleksi tenaga guru PPPK. Tangkapan  (YouTube : Tangkap layar YouTube.com/BKN)
Tes seleksi tenaga guru PPPK. Tangkapan (YouTube : Tangkap layar YouTube.com/BKN)

 

 

PENABICARA.COM- Setelah melewati proses seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), tenaga guru honorer yang mengikuti tes akhirnya bernapas lega.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) mengumumkan sebanyak 173.329 guru honorer lulus seleksi tahap pertama 08 Oktober 2021.

Kelulusan tahap pertama guru PPPK ini menunjukkan terisinya 53,7% formasi tenaga guru PPPK dari 322.663 formasi yang mendapatkan pelamar pada seleksi tahap pertama.

Siska salah seorang peserta seleksi PPPK merasa sangat bahagia melihat namanya tercantum sebagai salah satu dari sekian ratus ribu orang yang lulus seleksi. Sebelumnya, Siska adalah seorang tenaga guru honorer yang mengabdi di Papua Barat.

Seleksi PPPK menjadi harapan baru bagi guru honorer untuk menjadi Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK). Sebagaimana yang disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, seleksi PPPK merupakan bukti komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan guru honorer sekolah negeri.

Menurut Nadiem Makarim, dengan status sebagai ASN PPPK, guru honorer yang diangkat memiliki kesempatan lebih banyak untuk mengikuti program peningkatan kompetensi sehingga akan berimbas pada kualitas pengajaran yang diterima pelajar Indonesia.

“Sebagai ASN, status kepegawaian ini akan memberikan perlindungan kepada guru honorer dan mengangkat derajat guru sebagai profesi mulia dan terhormat,” ungkap Nadiem.

Nadiem mengapresiasi para guru honorer yang lulus ujian seleksi tahap pertama dan memberikan semangat kepada peserta yang belum lolos seleksi, mendorong agar mengikuti seleksi pada kesempatan berikutnya.

Halaman:

Editor: Hardaning Tyas

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

X