Kasus Suap Unila, Rektor Karomani Divonis 10 Tahun Penjara

- Jumat, 26 Mei 2023 | 15:35 WIB
Terdakwa Karomani hadir di PN Tanjungkarang, Bandarlampung untuk menjalani sidang kasus suap Unila.  (Twitter @InfoGueID)
Terdakwa Karomani hadir di PN Tanjungkarang, Bandarlampung untuk menjalani sidang kasus suap Unila. (Twitter @InfoGueID)

PenaBicara.com - Majelis hakim menjatuhkan vonis 10 tahun penjara terhadap mantan Rektor Universitas Lampung (Unila), Prof Karomani 10 tahun penjara terkait perkara suap Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB).

Putusan vonis dibacakan majelis hakim PN Tipikor Tanjungkarang, Bandarlampung yang di Ketuai Lingga Setiawan, dan Hakim Anggota Aria Veronika dan Edi Purbanus pada Kamis 25 Mei 2023.

"Mengadili, menjatuhkan kepada terdakwa pidana kurungan penjara selama 10 tahun dan pidana denda sebesar 400 juta rupiah, dengan ketentuan apabila pidana denda tersebut tidak dibayar, maka diganti pidana kurungan 4 bulan penjara," ucap Hakim Ketua Lingga Setiawan saat membcakan vonis.

Baca Juga: HUT ke-28, Telkomsel Buka Peluang Penguatan Inklusi Ekosistem Digital Indonesia

Selain pidana pokok, hakim juga memberikan pidana tambahan kepada Karomani berupa membayar uang pengganti sebesar Rp8.075.000.000 yang wajib dibayarkan paling lama satu bulan setelah putusan mendapat kekuatan tetap atau inkrah.

"Jika tak dibayarkan, maka harta benda, terpidana akan disita oleh jaksa untuk disita dan dilelang guna menutupi uang pengganti tersebut. Dan apabila harta benda tidak mencukupi menutupi pidana pengganti, maka akan dipidana penjara selama 2 tahun," tuturnya.

Majelis Hakim juga mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan dan meringankan bagi karomani. Hal yang memberatkan yakni sebagai seorang rektor tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas tindak pidana korupsi.

Baca Juga: Jaring Talenta Putra Putri Daerah, PLN Buka Lowongan Pegawai Khusus Orang Papua

"Sementara hal yang meringankan yaitu yang bersangkutan telah mendarmabaktikan dirinya di dunia pendidikan dengan waktu yang tidak sebentar maka jasa-jasanya tidak boleh diabaikan, kemudian mengakui semua kesalahannya serta tidak pernah dihukum," tukasnya.***

Editor: Megawati

Sumber: PMJNEWS

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspadai Potensi Hujan Lebat di Wilayah Ini

Jumat, 26 Mei 2023 | 16:16 WIB
X