• Kamis, 20 Januari 2022

Berpotensi Menimbulkan Penyakit, 5 Jenis Makanan Ini Berbahaya Jika Dikonsumsi

- Selasa, 9 November 2021 | 16:48 WIB
Berbagai kuliner khas Indonesia. (Dokumentasi : Megawati)
Berbagai kuliner khas Indonesia. (Dokumentasi : Megawati)

PenaBicara.com- Tubuh manusia membutuhkan asupan makanan minimal tiga kali sehari. Makanan-makanan tersebut diperoleh dalam bentuk bahan organik yang dapat diperoleh dari makhluk hidup lainnya, seperti hewan dan tumbuhan.

Tentunya, makanan yang kita makanan harus memiliki kandungan yang diperlukan oleh tubuh, seperti, karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan lemak. Selanjutnya makanan tersebut akan dicerna dan diserap oleh tubuh.

Selain bermanfaat bagi tubuh ternyata ada juga makanan yang menjadi penyebab berbagai macam penyakit:

Menurut dr. Zaidul Akbar, ada lima jenis makanan yang berpotensi menimbulkan penyakit apabila di konsumsi berlebih. Berikut jenisnya.

1. Tepung dan produk turunannya

Hampir setiap hari kita menemukan makanan yang mengandung tepung. Makanan ini mungkin tidak hanya terbuat dari tepung terigu, tapi juga tepung tapioka, beras, ketan putih atau hitam, dan masih banyak lagi.

Tepung sebenarnya merupakan bahan makanan yang bergizi. Olahan yang terbuat dari tepung dapat memberikan kita asupan kalori, lemak, serat, dankarbohidrat. Selain itu, tepung juga mengandung berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan.

Tepung seperti ini termasuk dalam kelompok karbohidrat rafinasi. Alih-alih menyehatkan, karbohidrat ini justru tidak baik bagi kesehatan. Pasalnya, karbohidrat rafinasi merupakan jenis karbohidrat sederhana tanpa zat gizi yang bermutu.

Jika kitaa sering mengonsumsi makanan dari tepung yang mengandung karbohidrat rafinasi, ada sejumlah risiko kesehatan yang meningkat seperti obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

2. Gorengan

Halaman:

Editor: Megawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X